• Tidak ada balasan kebaikan kecuali kebaikan

    Bertemu dengan keluarga kecilku sore ini memberi semangat baru diantara lelahnya fisik ini. *emang gampang capek karena jarang olahraga :p Diskusi tentang Keutamaan Dakwah. Mengapa sih harus berdakwah? Kan dakwah itu berat. Harus menanggung amanah, harus banyak memikirkan ummat, harus mempersiapkan segala hal agar kerja-kerja dakwahnya selesai dengan tuntas dan memberi perubahan yang baik bagi obyek dakwah. Berat gak sih? *Kadang berpikir memang berat. Tapi kemudian aku menyadari satu hal yang "baru" dari pembahasan terkait Keutamaan Dakwah yang udah sering dibicarakan di berbagai kesempatan. 
    Hal "baru" itu adalah betapa baiknya Allah, baiiiikkk sekali, bahwa hal baik yang kita lakukan ternyata PASTI berbuah kebaikan pula. PASTI. Seperti janji Allah dalam Surah Ar Rahmaan ayat 60, "Tidak ada balasan kebaikan kecuali kebaikan (pula)". Dan, dakwah, amalan paling mulia karena diamanahkan kepada manusia mulia (Nabi dan Rasul), dalam konteks manusia saat ini, para da'i dan da'iah, atau mereka yang mencoba mengajak kepada kebaikan meskipun sedikit demi sedikit, ternyata membawa EFEK BAIK bagi di pelaku. 
    Pelaku dakwah, yang sudah membulatkan tekad untuk menyampaikan kebaikan meskipun satu ayat, ternyata di satu sisi sedang membangun potensi terbaik bagi dirinya sendiri. Bagaimana tidak, seorang pelaku dakwah akan mencoba memikirkan bagaimana memberikan yang terbaik bagi obyek dakwahnya. Memikirkan management kegiatan yang terbaik. Meng-up grade kemampuan diri untuk bisa melakukan itu semua, disisi lain terus menyampaikan kebaikan. Bukankah berarti dakwah *yang katanya berat* disatu sisi justru membangun kemampuan personal yang bisa jadi tidak pernah terpikir untuk di-upgrade ketika tidak pernah memutuskan untuk menjadi bagian dari amalan mulia ini?! 
    So, mengapa kita tidak mengambil bagian dari yang baik-baik tersebut?! 

0 komentar:

Posting Komentar