• Batuk

    Sakit batuk dan terkadang disertai flu adalah sebuah penyakit yang menurutku paling menyebalkan. Karena, kalau aku sudah terjangkit penyakit itu, bakalan lamaaaa sekali sembuhnya.
    Selain karena kondisi badan yang mudah drop, alergi debu yang kuderita membuat virus influensa dan batukku semakin lama bercokol.
    Well, akhirnya kemana-mana pakai masker hijau ala suster rumah sakit. Tapi, tak masalah lah, ini sebagai sebuah langkah tawakal kepada Allah, supaya Allah segera memberi kesembuhan. Aamiin :))

    Kali ini, aku ingin sedikit memberi tips tentang batuk dan flu yang sedikit sering menyerang ketika musim sedang tidak menentu.
    Menurutku, jika anda memiliki riwayat alergi, lebih baik hindari hal-hal yang menyebabkan alergi dan akhirnya dapat menyebabkan batuk-flu. misalnya, minum manis yang dibeli di luar, minum es yang tidak steril, makan makanan berminyak yang dibeli diluar. Mengapa disini aku menekankan kata "diluar"? Maksudnya adalah diluar rumah. Ketika kita tidak bisa memastikan steril atau tidaknya kandungan dalam makanan/minuman yang kita konsumsi. Membeli minuman manis di warung-warung makan juga sebaiknya dihindari karena seringkali pemanisnya memakai pemanis buatan yang tidak ramah bagi kesehatan dan bisa menyebabkan tenggorokan gatal lalu batuk.
    Untuk yang sudah terlanjur terjangkit batuk, berikut ada sedikit tips yang seringkali aku praktikkan meskipun secara signifikan tidak menyembuhkan namun setidaknya menggurangi frekuensi batuknya.
    1. Banyak minum air putih, terutama air putih hangat. Fungsi air putih adalah untuk mengurangi rasa gatal pada tenggorokan, mengurangi iritasi dan mencairkan dahak sehingga mudah dikeluarkan.
    2. Hindari minuman manis botolan atau minuman manis yang dibeli diluar. Minum manis buatan sendiri meskipun tidak dianjurkan namun setidaknya lebih aman dikonsumsi.
    3. Hindari makanan berminyak apalagi gorengan yang dibeli dipinggir jalan.
    4. Pakai masker.
    5. Banyak konsumsi buah dan sayur untuk meningkatkan imunitas tubuh.
    6. Olahraga.
    7. Istirahat cukup.
    8. Jika berkenan, perbanyak konsumsi madu dan habbatusauda.
    9. Jika berkenan, bisa juga mengkonsumsi obat-obatan medis.

    *dari berbagai sumber

0 komentar:

Posting Komentar